Kamis, 09 Juli 2015

Surat Resmi Dinas, Pribadi dan Lamaran Kerja : Apa perbedaannya?

Dari ketiga jenis surat yang saya sebutkan pada judul diatas, tentu saja kita sudah sering mendengar bukan? namun terkadang untuk membuatnya secara langsung tanpa melihat contoh berupa naskah surat tersebut bagi yang tidak terbiasa menulis surat tentu akan menjadi hal yang sulit. Beberapa artikel mengenai surat resmi dinas, pribadi dan lamaran kerja telah saya siapkan untuk mempermudah anda yang belum menguasai teknik membuat surat berdasarkan format penulisan yang baik dan benar.

Perbedaan Surat Resmi dan Pribadi
Ada beberapa perbedaan mendasar yang dapat dilihat antara surat resmi dan pribadi
  • Format surat. Setidaknya ada 5 format surat resmi yang biasa digunakan yaitu : full block styel, block style, semi block styel, indented style dan hanging paragraph.
  • Kop Surat. Bagian ini merupakan identitas pengenal yang terdapat dalam surat resmi dan tidak ada dalam surat pribadi.
  • Bahasa. Ragam bahasa yang digunakan juga berbeda. Surat resmi menggunakan ragam bahasa baku, surat pribadi menggunakan bahasa sehari-hari yang santai namun tetap santun.
Surat Resmi
Jika diamati secara teliti, baik cara penulisan, tujuan serta format suratnya, tidak ada perbedaan antara surat resmi dan dinas karena memang sama saja, hanya perbedaan penyebutannya saja yang berbeda anda bisa melihatnya pada contoh surat resmi.

Surat Pribadi 
Langsung saja lihat contoh surat pribadi.

Surat Lamaran Kerja
Yang perlu diperhatikan saat akan membuat lamaran. Baca jugaContoh surat lamaran kerja adalah lampiran yang disertakan antara lain :
  • Daftar riwayat hidup. Ditulis pada lampiran surat lamaran kerja dengan tujuan untuk mempromosikan diri. Lihat >> Contoh daftar riwayat hidup.
  • Surat Pengalaman Kerja. Jika anda pernah bekerja pada sebuah perusahaan, anda dapat meminta surat tersebut untuk dilampirkan dalam surat lamaran kerja. Seperti ini contoh surat pengalaman kerja. Namun, setelah diterima bekerja di perusahaan baru anda belum melakukan pemutusan hubungan kerja, segera buat surat pengunduran diri. Dengan demikian tali silaturahmi anda dengan tempat kerja lama masih terjaga. Ini contoh surat pengunduran diri yang saya maksudkan.
Surat Kuasa
Meskipun tidak saya cantumkan dalam judul artikel ini, surat kuasa juga termasuk surat resmi yang berisi pelimpahan kuasa. Baca : contoh surat kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar